KOMURINDO

Dr. Ir. Indrawanto

Dr. Ir. Indrawanto, lahir di Kediri – Jawa Timur 53 tahun yang lalu. Menyelesaikan studi pada jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Bandung tahun 1987 dengan topik tugas akhirnya berupa rancang bangun perangkat transfer material otomatis untuk proses pemesinan. Selanjutnya sejak tahun 1987 menjadi asisten dosen di almamaternya. Pada tahun 1991, Ir. Indrawanto memperoleh beasiswa pendidikan dari pemerintah Belgia untuk melanjutkan pendidikan jenjang pendidikan magister di Katholieke Universiteit Leuven (KUL), yang diselesaikan pada tahun 1993 dengan topik penelitiannya tentang teknik peredaman getaran secara aktif. Selanjutnya pada tahun 1993 dengan topik penelitian kendali adaptif secara Dr. Ir. Indrawanto, lahir di Kediri – Jawa Timur 53 tahun yang lalu. Menyelesaikan studi pada jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Bandung tahun 1987 dengan topik tugas akhirnya berupa rancang bangun perangkat transfer material otomatis untuk proses pemesinan. Selanjutnya sejak tahun 1987 menjadi asisten dosen di almamaternya. Pada tahun 1991, Ir. Indrawanto memperoleh beasiswa pendidikan dari pemerintah Belgia untuk melanjutkan pendidikan jenjang pendidikan magister di Katholieke Universiteit Leuven (KUL), yang diselesaikan pada tahun 1993 dengan topik penelitiannya tentang teknik peredaman getaran secara aktif. Selanjutnya pada tahun 1993 dengan topik penelitian kendali adaptif secara terdesentralisir untuk pengendalian robot dan gerak komplian. Pada tahun 1998 kembali ke ITB dan menjadi dosen penuh pada Program Studi Teknik Mesin dan mengajar beberapa mata kuliah diantaranya : Dinamika Sistem, Sistem Pengukuran, Perancangan Sistem Mekatronik, Perancangan Kontrol Digital dan Robotik. Selain mengajar yang bersangkutan juga melakukan penelitian dengan topik : otomatisasi mesin industri, system servo-visual, gerak komplian robot dan aplikasi robotik untuk medika. Disamping kegiatan di kampus, yang bersangkutan juga aktif melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan konsultasi pada berbagai industri : industri semen, pupuk, manufaktur, migas, bandhara dan lainnya. Sejak tahun 2004 yang bersangkutan menjadi juri di kontes Muatan Roket Indonesia.

Dr. Arif Nurhakim

Dr. Arif Nurhakim., lelaki kelahiran Tegal, Jawa Tengah 10 Mei 1975. Bergelar Doctor of Engineering (Dr.Eng) dari Dept. of Aeronautics and Astronautics, Graduate School of Engineering, Kyushu University, Jepang ini aktif sebagai Ketua tim Engineering, Pusat Teknologi Roket, LAPAN dan Chief Engineer, Pengembangan Roket Cair, Pusat Teknologi Roket LAPAN .

Herma Yudhi Irwanto

Herma Yudhi Irwanto, M.Eng, pria kelahiranBanyuwangi, Jawa Timur pada 30 Desember 1967. Pendidikan S1 dan S2 diambil dariShibaura Institute of Technology, Japan sehingga memperoleh gelar Magister ofEngineering (M.Eng). Keahliannya dalam Elektronik Kontrol Sistem didedikasikandi Pusat Tekologi Roket, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)sebagai Koordinator Pengembangan High Speed UAV RKX- 200TJ dari tahun 2013hingga sekarang. Berbagai riset pernah dilakukan diantaranya Pengembangan HighSpeed UAV RKX-200TJ, Pengembangan Integrated Simulation for Flight Vehicle, danPengembangan Flight Vehicle Simulator System. Beliau juga pernah sering menjadipembicara di bidang roket dan keantariksaan salah satunya Development ofInstrumentation, Navigation and Control (ICON) for Anti Tank Guided Missiles(ATGM). In 2nd International Conference on Science in InformationTechnology (ICSITech), Balikpapan 2016.


KOMBAT

Dr. Ir. Endra Pitowarno

Dr. Ir. Endra Pitowarno memperoleh gelar Sarjana dalam bidang Teknik Elektronika di Institut Teknologi Sepuluh November. Beliau melanjutkan jenjang pendidikan hingga memperoleh gelar Master dan Doktoral di bidang Robotik Universitas Teknologi Malaysia. Endra Pitowarno telah menjadi Dosen dan Peneliti di EEPIS sejak tahun 1987. Sukses PENS-ITS menjadi kampiun tujuh kali berturut-turut dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) tak lepas dari tangan dingin Dr Ir Endra Pitowarno. Dia termasuk satu dari segelintir pioner pemasyarakatan teknologi robot di ITS. Endra punya obsesi menjadikan robot dekat dengan masyarakat sehari-hari. Menimba ilmu bersama keempat temannya di negeri Sakura selama setahun sejak 1989 merupakan awal kisah perjalanannya dalam perkembangan robocon PENS ITS. Seekor robot micromause pemberian sensei-nyalah yang akhirnya mengilhami lahirnya robot-robot PENS lainnya.

Dr. Didi Satiadi

Dr. Didi Satiadi, M.Sc, atau seringkali dipanggil oleh rekan-rekannya dengan sebutan Pak Didi, lahir di Bandung, Jawa Barat pada tahun 1970. Kuliah Sarjana di Department of Pure and Apllied PhysicsUniversity of Manchester Institute of Science  and Technology (UMIST), United  Kingdom, Program Studi Physics with  Electronics, meraih gelar B.Sc (Honours) pada tahun 1996. Kemudian melanjutkan studi Program Magister di universitas yang sama, Department of Mechanical Engineering, meraih gelar M.Sc pada tahun 1996. Kemudian melanjutkan studi Program Doktor di Department of PhysicsUniversity of Wales Abersytwyth(UWA), meraih gelar Ph.D pada tahun 2000. Sampai dengan tahun 2010 aktif sebagai peneliti di Bidang Pemodelan Atmosfer, Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim (Pusfatsatklim), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dengan fokus penelitian di bidang Konveksi Atmosfer.  Penelitian tersebut menggunakan berbagai peralatan pengamatan atmosfer seperti Equatorial  Atmosphere Radar (EAR), Boundary  Layer Radar (BLR), Sound Radar (SODAR), Radio Acoustic Sounding System (RASS), X-Band RadarRadiometerMicro Rain Radar (MRR), Optical  Rain Gauge (ORG), radiosonde, citra satelit dan lain-lain untuk mencari pemicu proses konveksi yang digunakan di dalam model-model atmosfer. Sejak tahun 2010 ikut serta dalam pengembangan sistem peringatan dini bencana berbasis satelit, atau yang dikenal dengan Satellite Disaster Early Warning System (Sadewa). Pernah menjabat sebagai Kepala Unit Komputasi Iklim dan Atmosfer (2010-2011), Kepala Bidang Pemodelan Atmosfer (2013-2015), dan Kepala Bidang Program dan Fasilitas (2016 – sekarang) di Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN.

Dr. Laras Tursilowati

Dr. Rr. “Laras” Toersilowati, M.Si., adalah peneliti Atmosfer di Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer-LAPAN, pernah bertugas sebagai Kepala Bidang Teknologi Atmosfer dari 2013-2015. Terlibat dalam penyelenggaraan KOMBAT 2014 di Ambal-Kebumen dan KOMBAT 2015 di Cikelet-Garut. Riwayat Pendidikan: S1 Fisika FMIPA UGM, S2 Fisika ITB, S3 Graduate School of Advanced Integrated Science - Chiba University Japan. Berbagai kegiatan saintifik baik di dalam maupun luar negeri telah diikutinya baik sebagai peserta maupun pembicara. Dari kegemarannya menulis, telah terpublikasi 5 jurnal internasional, puluhan makalah di jurnal nasional, prosiding dan buku, juga tulisan sains popular di media massa.