1. Sistem  Penilaian Kategori Wahana Sistem Kendali
    Nilai total penentu kemenangan dihitung sebagai berikut:
No
Deskripsi
Satuan
Nilai
Keterangan
1
Ketepatan mencapai sasaran
(0-100)
50%
Pusat sasaran berjarak 200m dari posisi START, setinggi 10m, diapit tiang kiri dan kanan berjarak 15m.
2
Durasi untuk mencapai sasaran
detik
50%
Tercepat dan tertepat adalah terbaik. Nilai waktu sah jika wahana masuk ke bidang sasaran setinggi antara 5 hingga 25 meter
3
Parasut membuka setelah mencapai sasaran
YA?TIDAK
-
Parasut membuka adalah syarat sahnya nilai no.2
4
Kelengkapan pengendalian di sisi GCS
(0-100)
50%
Nilai no.4 dan 5 digunakan sebagai dasar untuk menentukan siapa yang lebih baik jika nilai no.1 dan 2 mendekati sama.
5
Tingkat otonomus dari keseluruhan sistem (wahana & GCS)
(0-100)
50%
  1. Sistem  Penilaian Kategori Muatan Roket
  • Penilaian untuk penentuan pemenang dalam kompetisi ini hanya akan dilakukan pada hari kompetisi.
  • Sistem Penilaian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu UF (Uji Fungsionalitas), UTD (Uji Trajectory Darat) dan UP (Uji Peluncuran).
  • Nilai Total adalah Nilai UF + Nilai UTD + Nilai UP.
  • UF terdiri dari Uji G-Shock, Uji G-force, Uji Vibrasi dan Uji pengiriman gambar foto dari kamera.
  • UF dibagi dalam dua kelompok. Yang pertama adalah UF Utama, yang kedua adalah UF RETRY. Jika Tim Peserta sukses dalam UF Utama maka nilai UF dikalikan Faktor Pengali (FP) satu. Jika Tim sukses di UF RETRY maka nilai UF dikalikan FP 0,8.
  • Transmisi data selama Uji G-Force, G-Shock dan Vibrasi menjadi penentu ke babak berikutnya.  Sedangkan yang dinilai dalam UF adalah uji pengiriman data visual dengan ketentuan persentase nilai 60 : 40 untuk kualitas dan persentase image yang terkirim.
  • UTD dilaksanakan sebagai berikut. Muatan dan GCS di-ON-kan, kemudian muatan dibawa (berjalan) oleh peserta ke titik-titik lokasi yang ditentukan sebelumnya oleh panitia. Jika trajectory dapat ditunjukkan pada GCS sesuai dengan rute perpindahan muatannya, maka UAT dinyatakan sukses.  Nilai ditentukan dari akurasi dan persentase data yang terkirim dengan persentase 60 : 40.
  • Yang dinilai dalam UP adalah Aliran dan Kualitas Data Visualisasi 3D dan data visual dari kamera, dengan perbandingan nilai 60 : 40.  Selain itu, peserta harus menyediakan tampilan beberapa data berikut ini di GCS nya yang akan menjadi pertimbangan penilaian kualitas data visualisasi 3D.
    • Grafik ketinggian vs jarak.
    • Tampilan angka untuk ketinggian maksimum dan jarak beserta sudut headingnya dari launcher.
  • Pemenang dan ranking Peserta ditentukan dari nilai total (akhir) tertinggi hingga terendah.
  • Peserta yang mengundurkan diri dalam salah satu atau lebih tahap penilaian maka nilai akhirnya akan dibatalkan dan Tim ini tidak berhak untuk mendapatkan penghargaan.
  1. Sistem  Penilaian Kategori Muatan Balon Atmosfer
    Penilaian tentang prestasi muatan dan auto tracker dilakukan berdasarkan poin-poin berikut ini:
  • Rentang penilaian masing-masing poin adalah 0 s/d 100 dikalikan dengan Faktor Pengali (FP) kecuali untuk poin misi tambahan.
  • Nilai Ketinggian (NK). Nilai tertinggi akan diperoleh peserta yang muatannya mampu bertahan melakukan komunikasi dengan GS-nya hingga balon mencapai ketinggian maksimum sebelum tali diputus dan turun kembali ke permukaan bumi. FP dari NK adalah 0,5.
  • Nilai Keakuratan Rekaman Ketinggian (NKRK). Nilai ini akan dievaluasi oleh Tim Juri dengan membandingkan seluruh data ketinggian yang dihasilkan oleh para peserta. Tim Juri akan menentukan keakuratan tiap tampilan data peserta setelah mengevaluasi seluruh data sesuai dengan hasil pengukuran radiosonde dan kajian ilmiah. FP dari NKRK adalah 0,2.
  • Nilai Keakuratan Rekaman Temperatur (NKRT). Nilai ini akan dievaluasi oleh Tim Juri dengan membandingkan seluruh data Rekaman Temperatur yang dihasilkan oleh para peserta. Tim Juri akan menentukan keakuratan tiap tampilan data peserta setelah mengevaluasi seluruh data sesuai dengan hasil pengukuran radiosonde dan kajian ilmiah. FP dari NKRT ini adalah 0,3.
  • Nilai Keakuratan Rekaman Kelembapan (NKRKb). Nilai ini akan dievaluasi oleh Tim Juri dengan membandingkan seluruh data Rekaman Kelembapan yang dihasilkan oleh para peserta. Tim Juri akan menentukan keakuratan tiap tampilan data peserta setelah mengevaluasi seluruh data sesuai dengan hasil pengukuran radiosonde dan kajian ilmiah. FP dari NKRKb ini adalah 0,3.
  • Nilai Keakuratan Rekaman Arah Angin (NKRAA). Nilai ini akan dievaluasi oleh Tim Juri dengan membandingkan seluruh data Rekaman data Arah Angin yang dihasilkan oleh para peserta. Tim Juri akan menentukan keakuratan tiap tampilan data peserta setelah mengevaluasi seluruh data sesuai dengan hasil pengukuran radiosonde dan kajian ilmiah. FP dari NKRAA ini adalah 0,2.
  • Nilai Keakuratan Rekaman Tekanan (NKRTk). Nilai ini akan dievaluasi oleh Tim Juri dengan membandingkan seluruh data Rekaman Tekanan yang dihasilkan oleh para peserta. Tim Juri akan menentukan keakuratan tiap tampilan data peserta setelah mengevaluasi seluruh data sesuai dengan hasil pengukuran radiosonde dan kajian ilmiah. FP dari NKRTk ini adalah 0,3.
  • Nilai Keakuratan Rekaman GPS (NKRGPS). Nilai ini akan dievaluasi oleh Tim Juri dengan membandingkan seluruh data Rekaman data GPS yang dihasilkan oleh para peserta. Tim Juri akan menentukan keakuratan tiap tampilan data peserta setelah mengevaluasi seluruh data sesuai dengan hasil pengukuran radiosonde dan kajian ilmiah. FP dari NKRGPS ini adalah 0,3.
  • Nilai Foto Udara (NFU). Nilai ini akan dievaluasi oleh Tim Juri dengan membandingkan seluruh data Rekaman foto udara yang dihasilkan oleh para peserta. Penilaian NFU akan berdasar pada kontinuitas pengiriman data serta kualitas tampilan gambar. FP dari NFU ini adalah 0,5.
  • Nilai Auto Track (AT). Nilai ini akan dievaluasi oleh Tim Juri dengan melihat kemampuan auto track antena yang dihasilkan oleh para peserta. Penilaian AT akan berdasar pada kemampuan auto tracker antena dalam mendeteksi posisi muatan balon. FP dari AT ini adalah 0,5.
  • Nilai CO2 (NC). Nilai ini akan dievaluasi oleh Tim Juri dengan membandingkan seluruh data Rekaman Karbondioksida yang dihasilkan oleh para peserta. NC ini adalah nilai tambah dari misi tambahan yang akan ditambahkan pada Nilai Total. Besarnya NC adalah antara 0 hingga 50. Tim Juri akan menentukan keakuratan tiap tampilan data peserta setelah mengevaluasi seluruh data dengan tetap berpegang teguh pada dasar dan kajian ilmiah yang seharusnya digunakan.
  • Nilai Total (NT) adalah jumlah seluruh nilai yang dihasilkan berdasarkan perhitungan point a s/d k.
  • Peserta dengan NT tertinggi akan menjadi Juara I. Juara peringkat berikutnya ditentukan berdasarkan ranking NT. Apabila ada lebih dari satu tim yang memperoleh NT yang sama, maka penentuan peringkat berdasarkan penilaian terhadap komponen biaya sistem muatan dari tim yang bersangkutan. Muatan dengan komponen biaya yang lebih rendah berhak menempati peringkat yang lebih tinggi